Naluri serta cara berfikir yang sehat akan mendukung kenyataan bahwa Alloh berada di atas Arasy.

1.Allah berfirman : Allah yang maha pengasih itu “istawa” di atas arasy. (taha :4)
Sebagaimana di terangkan dalam hadits bukhori,para tabi’in menafsirkan istawa dengan naik dan tinggi.

2.Allah berfirman : Apakah kamu merasa aman terhadap yg di langit? dia akan menjungkir balikan bumi bersama kamu. (Almulk :16).
Menurut ibnu abbas yg di maksut yg di langit adalah Allah seperti di tuturkan dalam kitab tafsir ibnul jauzi.

3.Allah berfirman : Orang yg tidak takut kepada tuhannya yang di atas mereka. (annahl :50).

4.Allah berfirman tentang nabi isa as : Tetapi allah mengangkatnya kepadanya. (annisa :158). Maksudnya Alloh menaikkan nabi isa ke langit.

5.Alloh berfirman : Ialah alloh yg ada di langit-langit. (alan’am :3). Ibnu katsir mengomentari ayat ini sebagai berikut : Para ahli tafsir sependapat bahwa bahwa kita tidak akan berkata seperti ucapan kaum jahmiyah (golongan yg sesat) dan kaum AHLI BID’AH yg mengatakan bahwa Alloh itu berada di setiap tempat. Maha suci Alloh dari ucapan mereka. Adapun firman Alloh : Dan Alloh selalu bersamamu dimanapun kamu berada. (alhadid :4).

6.Rosululloh Saw mi’raj ke langit ke 7 dan berdialog dengan Alloh serta di wajibkan untuk melakukan sholat 5 waktu. ( H.R bukhori dan muslim).

7.Rosululloh Saw bersabda : Kenapa km tidak mempercayaiku padahal saya ini di perintahkan oleh alloh yg ada di langit. (h.r bukhori dan muslim).

8.Rosull bersabda : Sayangilah orang-orang yg ada di bumi maka yg di langit (alloh) akan menyayangimu. (Hr tarmudzi).

9.Rosullulloh Saw pernah menanyai seorang wanita budak : Dimana Alloh? Jawabnya di langit. Rosull bertanya lagi : Siapa saya? Di jawab lagi : kamu Rosululloh. Lalu Rosull bersabda : Merdekakanlah dia karena dia karena dia seorang mukminah.

10.Sabda Rosululloh Saw : Arsy berada di atas dan alloh berada di atas arasy. Alloh mengetahui keadaan kamu.

11.Abu bakar shidiq berkata : Barang siapa menyembah Alloh.maka alloh berada di langit , ia hidup dan tidak mati.(Hr imam darimi dalam aradd alal jahmuyah).

12.Abdulloh bin mubarak pernah di tanya : Bagaimana kita mengetahui tuhan kita? Maka beliau menjawab : Tuhan kita di atas langit di atas arasy, berbeda dengan mahluknya. Maksutnya dzat Alloh berada di atas arasy, berbeda dan berpisah dengan mahluknya dan keadaannya di atas arasy tidak sama dengan mahluk.

13.Imam abu hanafah menulis kitab kecil berjudul “sesungguhnya alloh di atas arasy” beliau menerangkan seperti dlm kitabnya “al-llm muta’ alim”.

14.Orang ug sedang sholat selalu mengucapkan “subha robi-ala’la’ maha suci tuhanku yg maha tinggi”. Ketika berdo’a ia juga mengangkat tangannya dan menadahkan kelangit.

15.Anak kecil jika anda tanya dimana Alloh? Maka akan segera menjawab berdasarkan naluri mereka bahwa alloh berada di langit.

16. Otak yg sehat juga mendukung kenyataan bahwa alloh berada di langit. Seandainya alloh berada di semua tempat .niscaya rosul pernah menerangkan dan mengajarkan kepada para sahabatnya. Kalau alloh berada di segala tempat berarti alloh juga berada di tempat2 yg najis dan kotor .Maha suci alloh dari anggapan semua itu.

 Dwiwap

Comments

comments